Jumat, 13 Januari 2012

Ikan Arsik


Feature
( Ikan Arsik )
          Makana merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa makanan seseorang akan kelaparan, tidak bisa hidup sehat, dan tidak bisa beraktivitas. Makanan khas yang ada dalam sebuah daerah berbeda-beda yang menjadi ciri khas dari daerah itu, kuliner-kuliner yang ada di indonesia pun beragam dan berbeda cara masaknya.
          Salah satu kuliner yang ada di sumatera utara, ikan khas Tapaunuli  adalah ikan Arsik. Ikan ini banyak dijual di rumah makan, yang ada di sumatera utara. Salah satu orang batak yang saya wawancarai samuel, mengatakan bahwa ikan arsik ini bagi orang Batak sangat suka dengan ikan itu.
Ada masakan ikan yang khas Tapanuli, disebut arsik. Ada sedikit perbedaan antara arsik Karo dan Tapanuli. Biasanya arsik Karo lebih kering, sedangkan arsik Tapanuli lebih berkuah dan encer. Jenis bumbunya pun sedikit berbeda. Kebanyakan arsik dibuat dari ikan mas, direbus atau dikukus dalam kuah bumbu kuning.
Ikan Mas yang dimasak secara arsik ini dihidangkan pada acara-acara adat tertentu. Contohnya Pesta pernikahan dan mangadati, rondang bintang, pesta adat kematian dan acara-acara lainnya. Ikan mas arsik ini memiliki makna yang cukup berarti bagi pesta adat sumatera utara karena ikan mas arsik ini merupakan lambang kekayaan dan kebersamaan bagi masyarakat Sumatera Utara.
          Cara masak Ikan arsik tidak terlalu sulit, bahan yang diperlukan tidak terlalu sulit untuk dicari. Ikan ini dibuat dari ikan mas, direbus dalam kuah bumbu kuning. Cara masak dan bahan yang diperlukan tidak jauh beda cara menggulai. Ketika mau memasak ikan ini yang dilakukan, membersihkan ikan, cuci bersih, setelah dicuci ikan dilumuri bumbu yang sudah dihaluskan, pada bagian dalam badan ikan dimasukan kacang panjang atau kecombrang, tempatnya dialasi dengan serai, berturut-turut ikan dimasukkan dalam wajan dan tuang air secukupnya sampai ikan itu terendam, dan tutup wajan hingga ikannya masak.
          Kebiasaan dan ciri khas akan menbuat daerah tersebut banyak diminati, dikenal, yang menjadi sebuah cerita bahkan ole-oleh buat keluarganya bila berkunjung disuatu daerah. Begitu juga dengan sumatera utara banyak makan khas yang terkenal ada Bika Ambon, jeruk medan masih banyak lain. Harga yang dijual pun lumayan mahal yang mendapat keberuntungan bagi sipenjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar