Kamis, 12 Januari 2012

Tumbuhan Sambung Nyawa Dapat Obati Bisul


Tumbuhan Sambung Nyawa Dapat Obati Bisul


Kesehatan pada saat sekarang ini sangat mahal sekali harganya, banyak orang cenderung mengabaikan masalah kesehatan terkadang karna keterbatasan biaya, bahkan ada juga karena terlalu sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing. Disini kesehatan seringkali menjadi taruhan, semua itu tentunya tidak luput dari ulah manuasia itu sendiri yang kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan.
Menurut salah seorang nara sumber Sri mulyani (Kepala Puskesmas Sijunjung) menyatakan bahwa Sambung nyawa merupakan salah satu tanaman obat yang sangat potensial untuk dikembangkan berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah, gangguan pada kantong kemih, menurunkan panas, menghilangkan rasa nyeri pada pembengkakan dan juga pada penyakit ginjal. Sebuah hasil penelitian menyatakan pada ekstrak etanol, daun sambung nyawa mampu menghambat pertumbuhan tumor pada mencit karena diinfus dengan Benzpirena.
            Sambung nyawa dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan. Disamping itu, digunakan pada upaya menghentikan pendarahan, mengatasi tidak  datang haid dan gigitan binatang berbisa. Sedangkan umbinya untuk menghilangkan pembekuan darah (haematom), pembengkakan patah tulang dan pendarahan setelah melahirkan.
            Sardi salah satu warga menyatakan, daun dan umbi sambung nyawa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigitan ular atau serangga. Caranya daun dan umbi tumbuhan sambung nyawa 1 batang, kunyit sebesar telur ayam 1 biji. Kunyit di kupas, dicuci,kemudian ditumbuk bersama bahan lainnya hingga lembut. Tempelkan pada luka dan dibalut dengan air bersih.
            Katanya selain dapat mengatasi gigitan hewan untuk mengatasi muntah darah/pendarahan rahim digunakan pohon sambung nyawa dan umbinya 1 batang, kunyit 1 jari, kayu secang tua yang telah diserut ¼ genggam. Kunyit di kupas ditiris tipis, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan air 2 gelas hingga tinggal 1 ½ gelas. Angkat dan saring dan minum 2 kali sehari ½ gelas.
            Awalnya saya tidak tahu, kalau tanaman sambung nyawa banyak manfaatnya, namun setelah dikasih tahu tetangga dan saya cari informasi di artikel kesehatan baru saya tahu dan saya menanamnya, selain itu tumbuhan ini juga bermanfaat untuk mengobati bisul. Caranya daun ambung nyawa segar 8 gram dicuci, ditumbuk, sampai lumat. Kemudian ditempelkan pada bisul maka bisul itu akan mengempis dan mengering.

            “Kalau untuk khasiat yang satu ini saya tidak ragu lagi kala itu ketiak saya ditumbuhi bisul lalu saya melumatkan daun sambung nyawa dan menempelkannya ke ketiak saya yang ditumbuhi bisul. Alhamdulillah, khasiatnya ada dan bisul saya mengering dan saya tidak perlu lagi menahan kesakitan akibat bisul.” Ucap Ayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar