Kamis, 12 Januari 2012

Onde-onde, Si Kenyal Nan Lezat


Onde-onde, Si Kenyal Nan Lezat
Oleh : Dian DestiLestari / 09080356 / D

            Bentuknya kecil bulat dengan tampilan memikat, itulah onde-onde si kenyal nan lezat. Onde-onde tak asing lagi bagi masyarakat Sumatera barat., karena onde-onde merupakan makanan khas dari daerah tersebut.
            Sumiati ( 46 tahun), menuturkan bahwa “ onde-onde ini, proses pembuatannya tidak begitu sulit dan bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan.”  Bahan-bahannya terdiri dari tepung pulut, gula merah, daun pandan, garam, vanili, kelapa parut, serta kapur sirih.
            Proses pembuatan mula-mula masukkan tepung kemudian campurkan air daun pandan serta air kapur sirih yang telah disaring. Air tidak boleh terlalu banyak karena akan susah membentuk adonannya. Setelah diaduk rata, bentuk adonan dan masukkan gula merah yang telah dipotong kecil-kecil kemudian bentuk lagi adonan menjadi bulat. Rebuslah air, setelah mendidih masukkan adonan tadi dan angkatlah kalau sudah mengapung.  Onde-onde yang baru masak tersebut langsung di rendam lagi dalam air beberapa menit. Angkatlah onde-onde tersebut dan lumurilah dengan  parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam dan vanili.
            Witri ( 20 tahun) dan juga Fitri ( 20 tahun) menuturkan bahwa” onde-onde ini sangat mudah untuk mendapatkannya.”  Rasanya yang lezat dan bentuknya yang unik membuat orang terpikat. Bila ramadhan tiba, di setiap sudut pasar akan kita temukan penjual onde-onde.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar