Kamis, 12 Januari 2012

otobiografi sopian


Autobiografi

Sopian, dilahirkan pada tanggal 13 mei 1988, di Dusun Tuo Sumay, kabupaten Tebo, Jambi. Dia mulai merintis pendidikannya pada usia 6 tahun di Sekolah Dasar 10 Dusun Tuo Sumay kemudian melanjutkan pendidikannya di sebuah pondok pesantren yang bertempat di Desa Pagar Puding. Tempat inilah yang menuntut dia hidup mandiri, mempelajari ilmu agama, Al-qur’an, dan kitab kuning. Selama 6 tahun mengabdi di pondok pesantren ini, lelaki yang suka makan coklat ini mahir membaca al-qur’an dan mengetahui hukum bacaan al-qur’an / ilmu tajwid.
Lelaki yang gemar olahraga ini dipercaya oleh pimpinannya untuk mengajarkan junior-juniornya tentang kitab kuning, kitab al-qur’an dan ilmu fiqih. Karena prestasinya yang baik, lelaki pemberani ini dibebaskan dari biaya sekolah selama 7 tahun.
Selama 6 tahun, dia selalu dipilih untuk mengikuti acara MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) tingkat kabupaten dan meraih juara 1. Prestasi terakhir yang diraih adalah juara 1 tingkat Kabupaten lomba baca Al-qur’an. Setelah 6 tahun merintis pendidikan di pondok pesantren, lelaki yang sering dipanggil Iyan ini menamatkan pendidikannya dari Madrasah Aliah dan membawa nilai yang sangat memuaskan.  Kemudian dia ingin  melanjutkan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi IAIN Imam Bonjol Padang, tapi Tuhan berkendak lain. Akhirnya lelaki itu melanjutkan pendidikannya di STKIP PGRI Sumatera Barat dan mengambil jurusan Bahasa Indonesia pada tahun 2009 dan telah ditetapkan sebagai mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat sampai saat sekaran ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar