Kamis, 12 Januari 2012

WELCOME ANSTERDAM



         WELCOME ANSTERDAM


Sudah di akui oleh masyarakat dunia dan juga telah dikunjungi oleh para pencinta keindahan alam, bahwa ternyata Pesisir Selatan memiliki sebuah objek wisata terindah  dan terunik . Yakni dengan adanya Air Terjun Bayang Sani Indah tujuh tingkat.
Air terjun Bayang Sani indah terletak di kampung Koto Baru Kecamatan Bayang. Air terjun dengan ketinggian hampir 80 puluh meter ini memang sudah sangat terkenal sejak dahulunya. Air terjun Bayang Sani ini menjadi icon wisata air terjun di kabupaten Pesisir Selatan. Dapat dibilang air terjun Bayang Sani ini air terjun yang terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan.
Keindahan dari Air Terjun Bayang Sani Indah telah menjadi wisata tempat pemandian orang yang berkunjung ke lokasi Bayang sani. Semua orang datang ke lokasi Air Terjun Bayang Sani tersebut termasuk pengunjung Panca Negara, dan dapat menikmati keindahan alam dan juga bisa pergi  ke tingkat dua tersebut tak  kalah hebatnya dengan tingkat pertama, adapun tingkat tiga tersebut masyarakat menamakannya dengan  ’’ Ikua Kudo ’’, karena air terjun ini seperti ekor kuda  dengan keindahan yang alamiah dan keadaan yang nyaman, aman dan sejuk.
Air Terjun Bayang Sani itu terletak di pegunungan kampung Koto Baru, keindahan alam disekitar Air Terjun Bayang Sani berbentuk sawah, pegunungannya berisi tanaman karet dan pala, perekonomian penduduk pada umumnya bertani, dan mayoritas penduduknya beragama islam.
          Saat ini Air Terjun tingkat pertama, jalan tempat penyebrangan itu telah  hancur akibat hujan deras yang tidak henti-henti selama satu hari. Sekarang tempat penyebrangan tersebut tengah direnovasi, agar bisa menjadi tempat pemandian yang indah. Air terjun Bayang Sani Indah tersebut akan tetap dipelihara dan bisa dinikmati oleh peminat keindahan alam diseluruh dunia sebab Air Terjun Bayang Sani Indah itu telah dikunjungi oleh turis diberbagai  belahan dunia.
          Menurut aziz, Air Terjun Bayang Sani sebenarnya bernama ” Welcome Ansterdam” pada zaman Belanda yang dikelola secara alami, setelah orang Belanda meninggalkan Air Terjun Bayang Sani itu, pada tahun 1980 ABRI masuk Desa yang bernama yaitu Jendral N Yusuf, dan memberi tempat wisata itu  menjadi ” Air Terjun Bayang Sani Indah”.
          Air Terjun Bayang Sani  Indah ini adalah lokasi objek wisata yang bernuansa sejarah dan budaya.     
           Disekitar air terjun tingkat pertama banyak orang berjualan berbagai makanan atau kue-kue.   Disini juga telah dilengkapi dengan tempat ganti pakaian, toilet dan tempat sembahyang.
Bagi para pengunjung yang akan pergi berwisata ke Air Terjun Bayang Sani Indah ini, berjarak 60 km dari kota Padang atau 20 km dari kota painan dengan lama perjalanan ± 2  jam dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat, serta sangat mudah dijangkau kerena hanya berjarak 500 m dari pinggir jalan.                                            


                                                                      Oleh :  Nora Jasmita (09/D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar