Kamis, 12 Januari 2012

SAMBA LADO TANAK JENGKOL


SAMBA LADO TANAK JENGKOL
Oleh : Astri Monika / 09080124/ D
Samba lado tanak merupakan makanan khas orang Minang Kabau. Samba lado tanak jengkol ini sangat disukai oleh masyarakat. Selain membuatnya lebih mudah dan bahan untuk membuatnya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Samba lado tanak jengkol ini sudah lama terkenal sejak nenek moyang orang minang kabau sampai saat sekarang ini. Samba lado tanak jengkol ini merupakan salah satu jenis masakan tadisional orang Minang Kabau.
Menurut Ibuk Ida, beliau salah seorang yang sangat menyukai samba lado tanak jengkol menjadi makanan favoritnya. Ibuk ida sering sekli membuat samba lado tanak jengkol ini. Karna tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat samba lado tanak : jengkol,cabe,bawang , kelapa, sampade, bawang putih. Samba lado tanak sangat disukai oleh keluarga ibuk ida. Melainkan setiap ibuk ida membuat samba lado tanak,tetangga ibuk ida selalu dating ke rumah ibuk ida untuk memintaknya. Dan setiap hari libur buk ida selalu pergi ke tempat rekreasi seperti pantai. Buk Ida selalu membawa nasi dan ibuk ida tidak pernah ketinggalan untuk membawa samba lado tanak  jengkol. Karena enak dan menambah salera makan, apalagi makannya di tepi pantai sambil memandang ombak yang sedang berdebur.
Menurut ibuk tini yang berusia 45 tahun yang menpunyai lapau nasi ampere ampere di daerah Kambang, kabupaten Pesisir Selatan. Ibuk tini sudah lama menjual masakan samba lado tanak jengkol di rumah makan amperanya. Lapau nasi ibuk tini sangat ramai di kunjungi oleh masyarakat kalangan atas dan masyarakat kalangan bawah.
Ibuk tini sudah 10 tahun membukak lapau nasi ampera di daerah Kambang ini. Ibuk tini menjual berbagai masakan tradisional seperti gulai lauk karang, goring ikan teri campur kacang dan salah satunya yaitu samba lado tanak jengkol. Masakan ibuk tini sangat disukai oleh pengunjung dari berbagai daerah. Lapau nasi ampera buk tini bukak dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam. Buk tini menpunyai karyawan 5 orang. Buk tini dalam melayani pelanggan sangat ramah dan sopan. Selain masakan samba lado tanak buk tini yang enak, buk tini tidak mengambil untung yang banyak. Buk tini mau berbagi dengan pengujung yang bertanya bagaimana cara membuat samba lado tanak jengkol.
Samba lado tanak jengkol ini merupakan makanan yang khas oleh masyarakat minang kabau, bahkan sekarang sudah terkenal dimana-mana.
Ibuk yanti yang menpunyai lapau nasi ampera di Painan. Samba lado tanak jengkol  sangat disukai oleh masyarakat baik  yang mudah maupun yang tua. Ibuk yanti sudah lama membukak rumah makan ampera di daerah painan ini. Bahkan beliau sering mendapatkan pesanan nasi bungkus  dari kantor-kantor seperti kantor  Bupati dan Kantor Dinas Pendidikan.
Samba lado tanak jengkol buk Yanti berbeda dengan dari masakan orang lain. Ibuk yanti membuat samba lado tanak jengkolnya dikasih badah teri dan telur puyur.itu yang membuatnya bedah dari  masakan yang ada di tempat lain. Kata buk yanti bahan-bahan yang digunakan dalam membuat samba lado tanak jengkol : jengkol, telur puyuh, ikan teri, lado,bawang merah, bawang putih, jahe, kelapa. Cara membuatnya sangat mudah dan masaknya tidak terlalu lama masaknya.
Ibuk yanti sudah lama mengelola masakan tradisional ini. Selain menyediakan samba lado tanak jengkol, ia juga menyediakan masakan tradisional seperti sambah lado hijau, palai bada,goreng campur-campur dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar